Kamis, 02 Oktober 2014

Andong Pocong (cerpen)

Apabila saat malam hari terdengar bunyi krincing andong (delman) maka kemungkinan besar itu adalah andong pocong. Andong yang dikendarai oleh pocong. Jika setelah itu anda mendengar pintu rumah anda diketuk, jangan sampai membukakakan pintu. Karena jika anda membuka pintu, anda akan diculik oleh pocong yang mengendarai andong tersebut.

Semua murid les bahasa Inggris 'Fokus' telah datang, kelas pun dimulai. Guru memulai pelajaran dengan menjelaskan materi tentang simple past tense. Setelah menjelaskan, guru yang biasa dipanggil mrs. Maria memberikan tugas untuk dikerjakan saat itu juga. Kemudian mrs. Maria keluar meninggalkan kelas sebentar untuk berbincang dengan pegawai lainnya.
"Dikerjakan ya anak-anak.. Ketika saya kembali tugasnya sudah selesai.." pesan mrs. maria.
Setelah beberapa menit mengerjakan, ada seorang murid yang ingin bercerita sesuatu.
"Teman-teman, mau mendengar cerita yang sekarang lagi hot dibicarakan nggak? Rugi lho kalo nggak tahu.." tanya Bimo salah seorang murid kelas 5 SD itu.
Teman-teman lesnya yang semua sedang duduk di kelas 4 dan 5 SD itu jelas penasaran dengan cerita Bimo. 
"Jadi gini ceritanya.." Bimo mulai bercerita tentang andong pocong.
Suasana malam jum'at pun semakin membuat ngeri murid-murid yang sedang les itu. Murid-murid mendengarkan cerita Bimo dengan serius. Mereka tahu bahwa cerita ini horror, tapi mereka tetap saja penasaran dengan cerita andong pocong itu. 
Misteri ini mulai beredar sejak peristiwa Lumpur Lapindo yang menenggelamkan daerah Porong, Sidoarjo. Konon saat peristiwa itu terjadi, bukan hanya daerah porong saja yang tenggelam, tapi juga kerajaan jin. Oleh karena itu mereka meminta tumbal.
Saat mereka sedang serius mendengarkan cerita andong pocong itu, tiba-tiba pintu kelas terbuka. Serentak semua murid berteriak karena kaget. Ternyata mrs. Maria masuk dengan perasaan kaget juga. Mrs. maria bertanya kepada murid-muridnya apakah sudah selesai mengerjakan tugas yang telah diberikan. Murid-murid jelas menjawab belum. Mrs. Maria bertanya mengapa mereka belum mengerjakan. Bimo menjawab
"Cerita mrs., Mrs mau tahu ceritanya?" sahut bimo.
Pada akhirnya mrs. Maria malah ikut mendengarkan cerita tersebut. Tapi respon mrs. Maria hanya tertawa mendengar cerita horror itu.
Kemudian kelas tetap dilanjutkan dengan membahas tugas yang sebelumya diberikan. Saat jam telah menunjukkan pukul 20.30 WIB kelas diakhiri dan murid-murid segera pulang karena mereka merasa takut dengan cerita tadi. Salah seorang murid bernama Tia yang memiliki sifat penakut itu pada awalnya tidak percaya dan tidak takut dengan cerita itu, tapi saat dijalan dia tidak bisa melupakan cerita itu dan merasa takut sendiri jika tiba-tiba ada andong pocong yang lewat.
Saat Tia sampai dirumah dan merasa ketakutan, sepeda pancal yang dinaiki ia tuntun sampai ke dalam rumah dan berteriak memanggil ibunya. Ibunya kebingungan kenapa dengan anaknya yang baru pulang les dengan ketakutan seperti ini. Tia mengajak cerita di dalam kamar ibunya. Saat bercerita, suasananya juga menegang. Tiba-tiba dari luar rumah terdengar bunyi krincing andong. Tia dan ibunya berteriak karena kaget. Ibunya membenarkan bahwa itu hanyalah tukang sate yang lewat depan rumah. Tapi kemudian suasana dikagetkan lagi dengan pintu kamar yang tiba-tiba terbuka. Ternyata ayah Tia datang. Yang diherankan adalah ayahnya tiba-tiba masuk kamar padahal tidak terdengar suara saat membuka pagar dan memasukkan mobilnya.
Ibunya meyakinkan Tia bahwa itu hanya cerita bohongan yang dibuat warga Sidoarjo saja.
Keesokan harinya, ibu Tia mendapat telepon dari tetangganya. Ibunya mendapat kabar bahwa tetangganya juga mendapat cerita tentang andong pocong tersebut dari anaknya yang bernama Ahmad. Kemudian saat malam harinya, ketika Ahmad disuruh ayahnya membukakan pinttu karena ada yang mengetuk, setelah itu Ahmad menghilang. Dan belum ditemukan sampai pagi ini. Orang tuanya yang sampai saat ini kebingungan, mengabari seluruh tetangganya apabila menemukan Ahmad. 
Dua hari setelah itu, Ahmad pulang. Tapi saat ibunya membukakan pintu, ibunya kaget karena anaknya pulang dengan kondisi badan yang kotor dan lumutan. Ternyata Ahmad keluar rumah karena diculik oleh orang yang tak dikenal dan dibuang di tanah kosong bekas bangunan tua yang sangat penuh dengan lumut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar